Pendidikan Pancasila Diberlakukan di Kurikulum Merdeka
Pendidikan Pancasila Diberlakukan di Kurikulum Merdeka

Pendidikan Pancasila Diberlakukan di Kurikulum Merdeka

Pendidikan Pancasila Diberlakukan di Kurikulum Merdeka- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan mata pelajaran (mapel) Pendidikan Pancasila masuk dalam Kurikulum Merdeka.

Pendidikan Pancasila Diberlakukan di Kurikulum Merdeka

Nadiem Anwar Makarim menyampaikan Implementasinya mengedepankan proses belajar yang menyenangkan dan relevan sehingga siswa memahami cara mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. “Penerapan mapel Pendidikan Pancasila ini sebagai komitmen pemerintah untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan,” tutur Mas Nadiem, sapaan akrab Mendikbudristek,

Pendidikan Pancasila

Pendidikan Pancasila adalah mata kuliah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik .

140 ribu satuan pendidikan memberlakukan di Kurikulum Merdeka

Dia mengungkapkan, mulai tahun ajaran 2022/2023, mapel Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 140 ribu satuan pendidikan jenjang PAUD, pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia.Selain itu, lanjutnya, melalui unit kerja Pusat Penguatan Karakter.Kemendikbudristek mengampanyekan enam profil Pelajar Pancasila sebagai tujuan besar dari pendidikan karakter berbasis Pancasila.

Tujuan Pendidikan Kurikulum merdeka

Tujuan pendidikan Pancasila dipelajari oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata kuliah wajib yang selalu ada di universitas. Ketentuan ini berdasarkan Pasal 35 Ayat 5 Undang-undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Pasal tersebut menyatakan bahwa kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat mata kuliah pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan bahasa Indonesia. Dengan kata lain, pendidikan Pancasila adalah pendidikan ideologi di Indonesia.

👉 TRENDING :   10 tips bertahan hidup untuk calon guru

Landasan Historis

Landasan Historis adalah fakta-fakta sejarah yang dijadikan dasar bagi pengembangan pendidikan Pancasila, baik menyangkut formulasi tujuan, pengembangan materi, rancangan model pembelajaran, dan evaluasinya.
Berdasarkan landasan historis, pancasila dirumuskan dan memiliki tujuan yang dipakai sebagai dasar Negara Indonesia. Proses perumusannya diambil dari nilai-nilai pandangan hidup masyarakat.
Fakta historis tersebut membentang mulai dari kehidupan prasejarah, sejarah Indonesia lama, masa kejayaan nasional, perjuangan bangsa Indonesia melawan sistem penjajahan, proklamasi kemerdekaan, hingga perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.