Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana
Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana

Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana

Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana – Aceh memiliki sejumlah hidangan yang dibuat menggunakan perpaduan rempah dan metode memasak yang beragam sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat. Mengutip buku Masakan Aceh, ciri khas makanan Aceh sering memakai belimbing sayur untuk olahan ikan laut untuk memberi rasa segar dan mengurangi aroma amis ikan. Selain itu, campuran rempah seperti cengkeh, lawang, kapulaga, pala, kayu manis dan akar manis juga sering digunakan untuk menambah kelezatan.

Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana

Begitu banyak yang kita sukai dari kuliner Aceh. Uniknya lagi, mie aceh yang satu ini seolah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan berbagai tetangganya yang justru lebih banyak memiliki cita rasa Melayu dan Peranakan. Salah satunya yang unik adalah kehadiran mie Aceh goreng, sebuah percampuran rasa dari beragam budaya yang sulit ditemukan padanannya di negeri-negeri lainnya.

Cara Membuat Mie Aceh Goreng Sederhana

Makanan khas Aceh

Tak heran memang kalau rumah makan khas Aceh semakin menjamur di banyak kota besar di Indonesia. Selain menunya yang beragam dan lezat, masakan Aceh memang cocok dinikmati sambil bersantai dan bercengkerama. Maka tidak heran kalau restoran-restoran khas Aceh memang mengakomodiri suasana yang nyaman untuk berlama-lama.

Rasa dan Testur Mie Aceh

Mie Aceh terbuat dari mie berbahan dasar tepung terigu berwarna kuning. Hidangan ini dilengkapi dengan kubis, tauge, udang, daging kambing, dan tomat. Mie Aceh terasa lezat karena menggunakan perpaduan rempah kapulaga, jintan, kunyit, cabai merah, dan lada serta bawang putih, bawang merah, cuka, kecap manis, daun bawang, daun seledri dan garam. Sebagai pelengkap, mie Aceh disajikan dengan acar mentimun dan emping.

Bahan Bahan Pembuatan Mie Aceh

Bahan Utama

200 g mie kuning basah
75 g daging sapi tenderloin, potong dadu
4 siung bawang putih, iris tipis
3 butir bawang merah, iris tipis
1 buah tomat, potong kasar
200 ml air
3 sdt Royco Kaldu Sapi
50 g taoge
2 sdm Bango Kecap Manis
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
½ sdt cuka masak
4 sdm minyak sayur
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdm bawang merah goreng

👉 TRENDING :   Nasi Bakar Teri Kemangi Tanpa Santan

Bumbu halus

6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 buah kapulaga
4 buah cabai merah besar
2 cm kunyit, bakar
¼ sdt jintan
½ sdt lada putih bubuk

Cara Membuat Mie Aceh

  • Haluskan semua bumbu dengan menggunakan blender atau cobek.
  • Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan bawang merah, bawang putih. Tumis bersama bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daging sapi. Aduk rata, masak hingga daging berubah warna, dan tumisan matang.
  • Tambahkan taoge dan tomat. Masak hingga layu, lalu tambahkan garam, Kecap Manis Bango, Royco Kaldu Sapi, gula pasir, serta cuka.
  • Masukkan mie, kemudian taburi dengan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata lalu angkat dan matikan api.
  • Sajikan mie goreng Aceh dengan acar dan taburi bawang goreng.

Semoga artikel di atas membatu para pecinta kuliner khas aceh Khususnya mie aceh yang modah dibuat dirumah semoga bermanfaat