Tata Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar
Tata Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

Tata Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

Tata Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar- Mengqodho sholat fardhu merupakan keringanan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat muslim yang secara tidak sengaja meninggalkan sholat.
Ketika seorang muslim ketiduran dan belum mengerjakan sholat fardhu hingga waktunya terlewat, maka ia boleh mengqodho sholat yang ditinggalkannya sesegera mungkin usai terbangun.

Tata Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

Bayak ulama menyebutkan ketika seorang muslim lupa mengerjakan sholat pada waktunya maka sebaiknya ia menebus dengan cara mengqodho sholat fardhu tersebut sesegera mungkin.
Salah satu contohnya adalah mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar. Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar harus dilakukan sesegera mungkin.
Lantas bagaimana cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

Untuk ketidaksengajaan dalam mengqodho salat, Syeikh Abdurrahman Al-Jaziri dalam Kitab Sholat Empat Mazhab menjelaskan, adalah suatu uzur yang tidak sampai menggugurkan salat maupun tertinggal sama sekali tanpa ada uzur apapun. Untuk itulah, umat muslim diwajibkan untuk melakukan qodho dengan segera.

Bacaan Niat Qodho Sholat Dzuhur di Waktu Asar

Niat merupakan hal yang perlu dilakukan setiap hendak melaksanakan ibadah. Niat bisa dilafalkan atau hanya dibaca di dalam hati. Namun dengan melafalkan bacaan niat biasanya akan membuat semakin mantab dalam melaksanakan sholat.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ قَضَا ءً لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushollii fardhal dzuhri arba’a raka’aatin mustaqbilal qiblati qodho’an lilaahi ta’aalaa”

Artinya: Saya (berniat) mengerjakan sholat fardhu dzuhur sebanyak empat raka’at dengan menghadap kiblat, qodho karena Allah Ta’ala.

Cara Mengqodho Sholat Dzuhur di Waktu Ashar

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar sama dengan cara mengqodho sholat fardhu lainnya, mulai dari gerakan, bacaan, dan syarat-syaratnya. Perbedaannya terletak pada niat serta waktunya.
Cara sholat dzuhur di waktu ashar dilakukan ketika orang lupa menjalankan sholat dzuhur dan baru teringat ketika sudah masuk waktu sholat ashar. Maka dia wajib mengqodho sholat dzuhur yang ditinggalkannya di waktu ashar.

👉 TRENDING :   Nokia Edge Hp I11 Pro Max Siap Saingi Iphone

Hadis tentangmengqodho sholat dzuhur

Cara mengqodho sholat dzuhur di waktu ashar dilakukan berdasharkan hadis Rasulullah SAW berikut ini:

” Sesungguhnya ketiduran bukan termasuk menyia-nyiakan sholat. Yang disebut menyia-nyiakan sholat adalah mereka yang menunda sholat, hingga masuk waktu sholat berikutnya. Siapa yang ketiduran hingga telat sholat maka hendaknya dia mengerjakannya ketika bangun.” (HR. Muslim).