Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita
Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita –Puasa senin kamis ternyata punya banyak manfaat yang menakjubkan  Satu di antaranya adalah untuk wanita Sesuai namanya, puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis. Rasulullah menganjurkan umat Islam puasa Senin Kamis.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Selain mendapatkan pahala, orang yang rutin mengerjakan puasa sunah ini juga mendapatkan manfaat luar biasa, terutama bagi kesehatan, terlebih lagi untuk wanita.Beberapa manfaat puasa senin kamis untuk wanita adalah untuk kecantikan. Berniat puasa Senin Kamis saja sudah termasuk ibadah, apalagi bila rutin dikerjakan yang tentu akan mendapat kebaikan dan pahala.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita
Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Puasa Sunnah Di Hari Senin Kamis

Nabi Muhammad SAW memilih dua hari itu untuk ibadah puasa karena Senin merupakan hari kelahiran Beliau SAW.Sementara untuk hari Kamis sendiri, jawabannya seperti kutipan hadist Syekh Abu Zakariya Al-Anshori dalam karyanya Fathul Wahhab berikut ini:

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره

Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa.” (HR Turmudzi dan selainnya).

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Wanita

Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat seseorang menjalankannya, termasuk bagi wanita yang selalu disiplin mengerjakan puasa Senin Kamis. Ada beberapa manfaat puasa Senin Kamis untuk Wanita,
Manfaat puasa sunnah Senin Kamis untuk kesehatan perempuan sangat beragam. Manfaat puasa Senin Kamis yang bisa didapatkan tubuh antara lain menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, hingga mencegah kepikunan. Jika rutin dilakukan, puasa Senin Kamis bisa menurunkan risiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, menjauhkan penyakit jantung, hingga mencegah kanker.
Keadaan ini dapat merangsang pembakaran lemak di dalam tubuh untuk dijadikan sumber energi. Biasanya jerawat dan kondisi kulit lainnya seperti eksim akan hilang lebih cepat saat seseorang berpuasa.

👉 TRENDING :   Review Harga dan Spesifikasi Oppo A55 2022

Pahala Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis hukumnya sunah. Pahalanya adalah surga. Alasannya, seperti sabda Nabi SAW, “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.” (HR. Muslim). Tidak hanya itu, amal kebajikan manusia dihadapkan oleh malaikat ke hadapan Allah SWT pada hari Senin dan Kamis. Sebagai upaya prepentif, seyogyanya pada kedua hari itu kita berpuasa.

Niat Puasa Senin Kamis untuk Meminta Kesuksesan

Habibie yang beranggapan, puasa Senin Kamis sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam hidupnya. Bila seseorang sudah merasa dekat dengan Allah SWT, bukan tidak mungkin doa-doa untuk meminta sesuatu diperkenankan olehNya.
Berkenaan dengan hal tersebut, Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi,. Namun umat muslim tak perlu khawatir jika tidak hafal niat puasa Senin Kamis.
Beliau juga pernah menjelaskan salah satu dari sekian banyak keistimewaan puasa Senin Kamis seperti,. Tentunya hikmah dan manfaat puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu padaNya atau pun meraih kesuksesan, bisa diperoleh usai membaca niat puasa Senin Kamis dengan sempurna dan menjalankannya sesuai rukun.