Keutamaan Shalat Dhuha di Pagi Hari
Keutamaan Shalat Dhuha di Pagi Hari

Keutamaan Shalat Dhuha di Pagi Hari

Keutamaan Shalat dhuha di Pagi Hari- Sholat dhuha adalah ibadah sholat sunnah yang dilakukan pada awal waktu setelah 20 menit matahari terbit dan akhir waktu di seperempat siang. Sholat dhuha boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan lebih banyak dengan kelipatan yang sama.

“Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah salat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

Keutamaan Shalat dhuha di Pagi Hari

Banyak keutamaan sholat dhuha bagi siapa saja yang dapat mengerjakannya. Sholat dhuha merupakan ibadah yang termasuk sunnah. Artinya, akan menjadi ladang pahala bagi mereka yang senantiasa mengerjakannya namun tak akan menjadi dosa apabila ditinggalkan.

Keutamaan Shalat Dhuha di Pagi Hari

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat sholat dhuha merupakan salah satu bagian dari penyempurnaan ibadah wajib yang harus kamu lakukan secara rutin.Pasalnya salat dhuha menjadi salah satu ibadah yang bersifat sunnah namun dianjurkan, sehingga memiliki banyak manfaat yang sangat baik.

Rejeki Lancar & Urusan Dunia Dimudahkan

Rejeki Lancar & Urusan Dunia Dimudahkan Tak hanya sekadar manfaat sholat dhuha dari sisi spiritual saja, manfaat sholat dhuha pun juga bisa kamu rasakan dalam bentuk jasmani.
Perlu diketahui, gerakan salat yang baik di pagi hari tidak hanya memperoleh pahala namun juga membuat kamu merasa lebih sehat dan segar.
Lantas, apa saja manfaat sholat dhuha dan juga keutamaannya? Simak pembahasannya bersama-sama!

Niat Sholat Dhuha

Sebelum mengetahui doa salat dhuha secara lebih dalam, penting untuk mengetahui niat salat dhuha terlebih dahulu.
Mengetahui rangkaian salat dhuha secara sempurna membuat lebih mudah untuk menunaikan ibadah yang banyak keutamaan ini.
Mengucapkan niat salat dhuha sebelum takbiratul ihram hukumnya sunnah menurut mazhab syafi’i dan hambali.Fungsi mengucap niat salat dhuha untuk mengingatkan hati lebih mantap dan khusyu saat menjalankan salat.

👉 TRENDING :   Keistimiwaan Di Bulan Suci Ramadhan

Adapun, niat salat dhuha pada umumnya adalah berikut ini

Usholli sunnatadh dhuhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala.”

Doa Sholat Dhuha yang Harus diucapkan

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqidhuhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkan lah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkan lah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”