Cara Menghapus Jejak Digital Di Google
Cara Menghapus Jejak Digital Di Google

Cara Menghapus Jejak Digital Di Google

Cara Menghapus Jejak Digital Di Google- Jejak digital merupakan hal yang cukup umum di kalangan banyak pengguna internet, terutama di era digital seperti sekarang. Bagi siapa saja yang pernah menggunakan internet, khususnya Google, pasti memiliki jejak digital Google.
Banyaknya jejak digital yang bisa terlihat di internet membuat kita harus lebih berhati-hati lagi ketika menggunakannya. Sebab, apa yang dilakukan akan terekam menjadi sebuah jejak digital.
Mengapa demikian? Jejak digital yang kamu tinggalkan di internet mungkin saja bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang berniat jahat.

Cara Menghapus Jejak Digital Di Google

Hal tersebut tentu membahayakan, apalagi biasanya pelaku cybercrime memanfaatkan jejak digital untuk melakukan berbagai kejahatan yang merugikan seperti pembobolan akun.
Sebagai pengguna internet di era digital seperti sekarang, kamu harus lebih meningkatkan keamanan terkait segala aktivitas yang kamu lakukan di internet. Salah satunya dengan cara menghapus jejak digital Google.

cara menghapus jejak digital

1. Membatasi Pelacakan dari Aplikasi

Setiap aplikasi mempunyai pendekatan sedikit berbeda untuk mencatat aktivitas penggunanya dan beberapa diantaranya membiarkan pengguna nyaman dengan incognito. Aplikasi lain akan berhenti melacak saat pengguna memintanya.
Namun sebagai langkah awal terbaik adalah memeriksa pengaturan untuk menghentikan pelacakan. Jika tidak menemukan opsi ini, hapus seluruh aktivitas secara manual. Proses tersebut akan bervariasi bergantung pada sistem operasi yang digunakan.

2. Memakai Incognito

Kamu bisa melakukan penelusuran internet dengan mode incognito atau private pada browser. Dengan mode ini, aplikasi tak akan merekam laman yang dikunjungi termasuk kata kunci yang digunakan.
Namun sebagai catatan, bukan berarti cara ini membuat kamu tidak terlacak sama sekali. Sebagai contoh saat masuk ke Facebook, aktivitas masih terekam. Untuk menutupi ISP, kamu bisa menggunakan VPN saat beraktivitas di dunia maya.

👉 TRENDING :   Vivo T1 Pro 5G Mulai Dirilis di Indonesia

3. Hapus Semua Cookie

Cara berikutnya dengan menghapus semua cookie. Dengan begitu tidak ada lagi situs yang bisa dilacak.
Ini bisa dilakukan di semua browser yang dipakai dari Chrome hingga Firefox. Jika tidak ingin mengikuti proses panjang dengan membersihkan satu per satu, gunakan alat pihak ketiga seperti Advanced System Optimizer untuk menghapusnya sekaligus.

4. Stop berlangganan mailing list

Mailing list yang kamu dapat biasanya berasal dari situs yang menyediakan informasi berlangganan bagi para pembacanya.
Isi mailing list tersebut bisa berupa informasi update terkait situs tersebut semisal buletin, majalah mingguan, hingga informasi mengenai promo terbaru.
Namun, mailing list ini memiliki kelemahan dimana data kamu yang digunakan bisa saja disebarluaskan tanpa izin.
Oleh karena itu, berhenti berlangganan dari mailing list bisa menjadi salah satu cara menghapus jejak digital Google karena dapat mengurangi informasi pribadi kamu di internet.

5. Menggunakan Layanan DeleteMe

Pengepul data seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder adalah beberapa nama yang sudah banyak dikenal mengumpulkan informasi dan menjual ke pihak ketiga.
Untuk menghapusnya, gunakan layanan seperti DeleteMe atau Deseat.me yang mampu membantu kamu membersihkan jejak digital.