Membangun hubungan di kelas tatap muka dan online

Membangun hubungan di kelas tatap muka dan online

Membangun hubungan di kelas tatap muka dan online – Tidak selalu mudah untuk membangun hubungan dengan siswa yang berada tepat di depan Anda di kelas. Lebih sulit lagi ketika masih ada pemisahan fisik dan layar dalam pengajaran jarak jauh.

Karena informal, pertukaran yang tidak direncanakan sering terjadi secara alami di dalam kelas. Secara online, peluang seperti ini sering kali harus diciptakan – lebih jarang terjadi dengan sendirinya.

Namun justru pengalaman seperti itulah yang menciptakan koneksi dan berperan dalam membangun dan memperdalam hubungan. Tetapi bagaimana Anda menciptakan suasana online seperti itu dengan peluang pertukaran spontan yang persis seperti itu?

Pembelajaran jarak jauh kurang tentang bekerja melalui silabus dan kurikulum secara sistematis dan lebih tentang hubungan antara guru dan siswa. 

Di sini guru mengambil alih peran pendamping belajar bahkan lebih dalam pembelajaran jarak jauh. 

Kontak yang stabil dan berkelanjutan dengan seorang guru adalah penting. Murid perlu tahu bahwa mereka “terlihat”, bahwa mereka tidak sendirian.”

Kelebihan dan Kekurangan Prinsip Ruang Guru
Membangun hubungan di kelas tatap muka dan online

Dari kutipan di atas, orang dapat melihat betapa pentingnya peran hubungan , tidak hanya dalam pengajaran tatap muka tetapi juga dalam pembelajaran jarak jauh .

Fakta bahwa pembelajaran memiliki unsur sosial yang kuat terlihat dari banyaknya siswa yang menderita akibat kondisi pandemi. Mereka belum melihat teman-teman mereka di sekolah selama berbulan-bulan. Oleh karena itu mungkin tidak mengherankan jika menurut studi Allensbach, keinginan untuk kontak sosial selama belajar meningkat dari 33% menjadi 43% pada tahun 2021. Tapi bagaimana Anda membangun hubungan seperti itu?

Membangun hubungan di kelas tatap muka dan online

  • Dalam pelajaran tatap muka , impuls sering diberikan melalui kontak mata, gerak tubuh, ekspresi wajah dan bahasa tubuh . Jika seorang guru dapat mengetahui dari ekspresi wajah siswa bahwa ada masalah atau perlu klarifikasi, dia hanya bisa berdiri dan mengajukan pertanyaan. 
  • Ini tidak bekerja seperti itu di lingkungan online . Mungkin Anda tidak memiliki kamera, tidak mungkin untuk sekedar mampir dan saat-saat hening yang terjadi selama kerja berpasangan atau kelompok di hadapan berlangsung berbeda dalam pembelajaran jarak jauh.  

    Itu sebabnya Anda harus menggunakan metode lain . Meskipun bersikap ramah dan suportif selalu penting , ini sangat penting dalam lingkungan online. ” Kehadiran Kamera”, atau dengan kata lain, bagaimana Anda terlihat di depan kamera sama pentingnya dengan menggunakan nada ramah. Jika tidak, dapat terjadi siswa tidak berani bertanya atau tidak siap memberikan jawaban. Jika tidak ada kemauan untuk berpartisipasi secara aktif, pelajaran bisa menjadi sangat sulit.

 

👉 TRENDING :   Hukum wanita Memakai Jilbab Dalam Islam