Kimbap Makanan Khas Korea Yang Populer di Indonesia

Kimbap Makanan Khas Korea Yang Populer di Indonesia

Santrikalbar.com –  Seperti diketahui, beragam budaya yang berasal dari Korea Selatan kini sudah populer dan terkenal di berbagai negara. Mulai dari lagu, film, hingga drama serial dengan berbagai genre banyak digandrungi oleh masyarakat. Termasuk di Indonesia, banyak masyarakat yang gemar mengikuti perkembangan tren budaya yang berasal dari Negeri Gingseng ini Bukan hanya dunia seni dan perfilman, tren makanan yang populer di Korea juga diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Biasanya tren makanan ini sering kali muncul di serial drama yang banyak ditonton masyarakat. Mulai dari sajian kimchi atau sayur yang difermentasi, kimbap atau sushi ala Korea, hingga miyeok guk atau sup rumput laut.

Kimbap

Makanan khas Korea Selatan yang pertama adalah kimbap. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kimbap adalah makanan yang menyerupai sushi Jepang. Bedanya, kimbap dibuat dengan bahan nasi kemudian ditambahkan bahan sayur seperti timun, wortel, juga tambahan daging ayam atau ikan yang diiris tipis.

Semua bahan tersebut disusun menumpuk kemudian digulung dengan balutan rumput laut kering. Setelah itu, kimbap yang sudah digulung dipotong-potong dan disajikan dengan saus asin. Biasanya kimbap dikonsumsi sebagai bekal makan siang oleh masyarakat Korea.

Kimbap merupakan salah satu makanan khas Korea yang sering kita jumpai. Bentuk kimbap memang sangat mirip dengan sushi dari Jepang. Hanya saja, sushi dari Jepang lebih memiliki banyak varian. Membuat kimbap ala Korea ternyata tidak sesulit kelihatannya. Dengan resep di atas, sekarang kamu bisa membuat kimbap Korea rumahan yang sederhana dan enak. Kamu juga bisa mengganti isian kimbap dengan bahan makanan lain sesuai selera.

Rasa dan Tekstur

Kimbab : asam, manis, renyah

👉 TRENDING :   Kuliner Indonesia Khas Aceh yang paling Tersohor

Tekstur sushi yang biasanya terkenal adalah rasanya yang asin dan sedikit manis, serta teksturnya yang lebih lunak. Berbeda dengan kimbap yang lebih renyah karena adanya sayuran seperti acar lobak, kimchi, dan mentimun.Cita rasa yang ditemukan dari kimbap juga asam dari bahan kimchi dan manis dari wortel dan daging di dalamnya.

Bumbu Pelengkap

Kimbab: jahe kuning, asinan sayur

Jika kamu sudah tidak asing lagi dengan sushi, maka kamu tahu bahwa yang biasanya dijadikan bumbu pelengkap adalah acar jahe yang digunakan untuk mencuci mulut kamu setiap kamu selesai menyantap tipe ikan yang berbeda-beda.Selain itu juga ditemani oleh wasabi, kecap, dan sawi hijau. Sedangkan kimbap, ditemani oleh acar jahe kuning atau sayuran lainnya.Kimbap tidak dilengkapi dengan pencuci mulut karena varian isinya tidak berupa beragam ikan mentah.Selamat mencoba.