Berikut fadhilah sholat tarawih malam ke 8

Berikut fadhilah sholat tarawih malam ke 8

Berikut fadhilah sholat tarawih malam ke 8 – menurut kitab durratun nasihin. Sholat tarawih merupakan sholat yang hanya dikerjakan di bulan Ramadhan.Karena istimewanya sholat tarawih ini, ia mempunyai fadhilah atau keutamaan yang luar biasa. Sampai diberikan penjelasan bahwa sholat tarawih di setiap malam bulan Ramadhan fadhilahnya berbeda-beda namun sangatlah luar biasa untuk pahala ganjarannya.

Kitab Durratun Nasihin merupakan kitab yang berisi mutiara petuah agama, di dalamnya berisi seperti keutamaan bulan Ramadhan, bulan rajab, ibadah pada bulan Ramadhan, dan lain-lain.

Baca Juga: Kapan Lagi Dapat Pahala sebagaimana Ibadahnya Nabi Muhammad SAW? Sholat Tarawih Malam Ke-9 Jangan DitinggalkanOleh karenanya, dilansir Portalpekalongan.com dari buku terjemah kitab Durratun Nasihin yang diterjemahkan oleh Achmad Sunarto pada bab 4 tentang ibadah di bulan Ramadhan, Fadhilah sholat tarawih malam ke 8 yakni:

Bersumber dari Ali bin Abi Thalib r.a, bahwa dia berkata: Nabi Mudammad Saw ditanya tentang keutamaan-keutamaan sholat Tarawih di bulan Ramadhan. Maka beliau bersabda

وفى الليلة الثامنة أعطاه الله تعالى ما أعطى ابراهيم عليه السلام

Di malam ke 8, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Begitu luar biasa fadhilah keutamaan sholat tarawih pada malam ke delapan.

menurut Kitab Durratun Nasihin. Wallahu ‘alam bi shawabHal ini dikarenakan hari Minggu, 9 April 2022 nanti merupakan waktu bagi sholat tarawih malam ke-8 di bulan Ramadhan.Di antara banyak amalan yang memiliki banyak fadhilah atau keutamaan adalah salah satunya sholat Tarawih, oleh karena itu, simak keutamaan sholat tarawih malam ke-8 bulan Ramadhan.Dalam salah satu haditsnya, Rasulullah Saw., sendiri menganjurkan umat Islam untuk melaksanakan sholat tarawih.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya, “Barangsiapa ibadah (sholat tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

👉 TRENDING :   Administrasi Kegiatan Ramadhan Dan Idul Fitri

Dalam hadits tersebut mengatakan bahwa orang melakukan sholat tarawih akan diampuni dosa-dosanya.

Dengan catatan, yaitu harus dilaksanakan dengan penuh keimanan dan hanya ikhlas karena Allah swt.
Akan tetapi, sangat disayangkan, tidak jarang umat Muslim yang hanya semangat melaksanakan sholat tarawih di awal-awal Ramadhan.
Sementara menuju pertengahan bulan ke atas biasanya tidak sesemangat di awal. Padahal, ibadah sholat tarawih memiliki banyak keutamaan di setiap malamnya.

Dari Ali bin Abu Thalib R.A., berkata: Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan sholat tarawih pada bulan Ramadhan,
Nabi menjawab:
Fadhilah atau keutamaan sholat tarawih pada malam ke-8, Allah Swt., akan memberi keutamaan seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim As.

Dengan demikian, orang yang melaksanakan sholat tarawih pada malam ke-8 maka akan mendapatkan keutamaan seperti yang dijelaskan Rasulullah dalam hadits di atas.

Itulah ulasan tentang keutamaan sholat tarawih malam ke-8 bulan Ramadhan, di mana Allah Swt., akan memberi keutamaan seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim As