keutamaan shalat berjamaah
keutamaan shalat berjamaah

keutamaan shalat berjamaah

keutamaan shalat berjamaah- keutamaan dari menunaikan shalat berjamaah. Bahkan dinilai mampu meningkatkan peluang diterimanya shalat dibandingkan shalat sendirian. Apalagi mengingat bahwa shalat merupakan tiang agama yang tak boleh ditinggalkan oleh umat muslim.
Dalam Islam, bagi yang telah akil baligh diwajibkan menegakkan ibadah shalat fardhu lima waktu sehari. Hal ini bahkan ditegaskan dalam penggalan surat yang tercantum di Alquran, Allah SWT berfirman

keutamaan shalat berjamaah

betapa ruginya seseorang ketika diberi kesempatan untuk melaksanakan sholat berjamaah namun malah melakukannya secara sendiri. Terlebih, mengingat besarnya pahala yang akan didapatkan jika melaksanakan sholat berjamaah.

keutamaan shalat berjamaah

Pahala yang di dapat dari Shalat Berjemaah

Salat berjamaah bisa meningkatkan peluang diterimanya ibadah shalat. Jika dibandingkan dengan shalat munfarid atau yang dilakukan sendiri. Diampuni segala dosa oleh Allah SWT. Diberikan pahala yang berlipat ganda, yakni orang yang mengerjakan shalat berjamaah diyakini akan mendapat pahala sebanyak 27 derajat

Itulah beberapa keutamaan melaksanakan sholat berjamaah. Di bulan suci Ramadan ini, yuk kita tingkatkan dan perbaiki ibadah dengan melaksanakan sholat berjamaah baik sholat fardhu ataupun sunah seperti tarawih.

Manfaat shalat berjamaah

Manfaat shalat berjamaah harus bisa diraih secara kolektif. Artinya komitmen bersama sebelum menunaikan shalat berjamaah sudah dibangun oleh para jemaah sejak awal. Semisal jeda waktu antara adzan dan iqamah, yang telah disepakai bersama. Sebagai penanda akan dimulainya shalat berjamaah.

Dalil Keutamaan Shalat Berjamaah

Terdapat sejumlah hadits dan penggalan ayat dari kitab suci Alquran yang dijadikan sebagai sumber dasar, betapa pentingnya menunaikan shalat berjamaah. Dari pada menunaikannya secara munfarid atau shalat sendirian.
Dipandang dari segi sosial, shalat berjamaah meningkatkan hubungan antar masyarakat, menimbulkan keakraban, saling toleransi, dan banyak hal positif lainnya. Bahkan seperti ajaran Islam mengenai kesetaraan. Saat berjamaah, kita akan menghilangkan ego, perbedaan kaya dan miskin, serta dengan penuh kerendahan hati semua tunduk pada Sang Khalik.

Pentingnya Berjamaah

Dalam hadits diceritakan betapa luar biasanya pahala dari berjamaah. Andai pahala tersebut bisa dilihat secara kasat mata, mungkin orang akan rela berjamaah meski harus tertatih.

👉 TRENDING :   Tips Menyekolakan Anak Kepondok Pesantren

“Tidaklah ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi sholat Shubuh dan Isya’. Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjamaah) meskipun dengan merangkak.” (Muttafaqun ‘Alaih)