Resep Ikan Bandeng Goreng Sambal Kemangi
Resep Ikan Bandeng Goreng Sambal Kemangi

Resep Ikan Bandeng Goreng Sambal Kemangi

Resep Ikan Bandeng Goreng Sambal Kemangi- Ikan yang satu ini meski banyak durinya, tapi bandeng jadi salah satu ikan favorit sejuta umat. Apalagi kalau digoreng, kemudian disajikan dengan sambal kemangi yang wangi. Buat menghilangkan bau amisnya pun cukup mudah. Yuk, eksekusi resepnya.

Resep Ikan Bandeng Goreng Sambal Kemangi

Ikan bandeng memiliki testur daging yang cukup lembut, dengan rasa yang gurih. Salah satu olahan ikan bandeng yang bisa Anda coba di rumah adalah bandeng goreng sambal kemangi. Rasa daging bandeng yang lembut dan gurih berpadu dengan wanginya sambal kemangi semakin mengguggah selera makan.

Ikan bandeng favorit sejuta umat

Meskipun memiliki duri yang banyak, tetap saja ikan ini menjadi salah satu favorit banyak orang karena memang tekstur dagingnya yang lembut dan gurih.Untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, simak saja resep bandeng goreng sambal kemangi berikut ini. Persiapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan, dan ikuti petunjuk membuatnya seperti dibawah ini.

bandeng sambel kemangi samgat spesial

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bandeng sambel kemangi, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan bandeng sambel kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Bahan bahan pembuatan  ikan bandeng sambel kemangi

Bahan yang harus di siapkan

– 2 ekor ikan bandeng
– 1 buah jeruk nipis

  Bumbu marinasi

– 1 sdt ketumbar bubuk
– 1 sdt kunyit bubuk
– 1/2 sdt merica
– Garam secukupnya
– Kaldu bubuk (optional)

Bahan sambal

-5 buah cabai merah
– 5 buah cabai rawit
– 1 buah tomat
– 4 siung bawang merah
– 1 siung bawang putih
– 1 blok terasi
– 1 genggam kemangi
– Gula merah secukupnya
– Garam secukupnya
– Kaldu bubuk (optional)

👉 TRENDING :   Resep Dan Cara Buat Nasi Rawon Khas Jawa Timur

Langkah langkah menyiapkan ikan bandeng

  • Potong bandeng menjadi 3 bagian lalu goreng hingga kering kecoklatan
  • Siapkan bumbu pawon (laos, serai, daun salam dan daun jeruk) lalu digeprek. Iris bawang bombay dan haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan cabe rawit.
  • Tumis bumbu pawon dan bahan-bahan yang sudah di iris serta sudah dihaluskan hingga harum lalu tambahkan air dan garam, merica, kaldu ayam gula secukupnya
  • Setelah itu masukkan bandeng kedalam bumbu yang telah di tumis dan masak hingga bumbu meresap
  • Masukkan kemangi yang sudah di potong dan di cuci bersih kedalam bandeng yang dimasak. Lalu aduk beberapa saat hingga kemangi layu, setelah itu angkat dan sajikan

Cara Memasak ikan bandeng

Cuci ikan hingga bersih, lalu kerat-kerat ikan setebal 1/2 cm agar tulangnya hancur. Lumuri ikan dengan jeruk nipis dan biarkan kurang lebih 15 menit. Setelah itu cuci lagi ikan hingga bersih dan marinasi menggunakan bumbu marinasi, diamkan kurang lebih 30 menit.
Goreng ikan di minyak yang panas hingga matang
Untuk membuat sambal: goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat. Lalu ulek dengan terasi, gula merah dan garam. Masukkan kemangi dan aduk hingga rata
Sajikan sambal bersama dengan ikan goreng.