Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi
Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi- Sajian Tengkleng satu ini merupakan sajian khas yang berasal dari Solo. Resep Tengkleng sangat terkenal akan cita rasa gurihnya karena menggunakan ragam bumbu rempah. Cara membuat Tengkleng cukup bervariasi. Ada yang menggunakan daging atau iga sapi

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi

Ada pula ornang yang menggunakan daging atau iga sapi sebagai bahan utamanya. Selain itu, ada yang membuat resep Tengkleng berkuah sehingga tak jarang juga orang menyebutkan sebagai sup, ada pula yang menyajikan Tengkleng dalam keadaan lebih kering. Bagaimanapun cara pengolahannya, bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep Tengkleng umumnya sama. Tertarik mencoba kuliner Nusantara satu ini?

Tengkleng merupakan makanan Khas Solo

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang biasanya menggunakandaging sapi atau iga kambing. Tetapi tidak ada salahnya untuk mengganti jenis iga disesuaikan dengan selera yang diinginkan tengkleng yang dibuat dengan daging ayam atau kepala ikan kakap juga tak kalah lezatnya. Tengkleng yang menggunakan iga sapi akan menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan iga kambing yang cenderung lebih tinggi kolesterol.

Bahan pembuatan tengkleng khas solo

  • 500 g Iga sapi dan tulangnya
  • 1 ruas Jahe
  • 2 lembar Daun jeruk purut
  • 1 lembar Daun salam
  • 1 ruas Lengkuas, geprek
  • 1 batang Serai, geprek
  • 2 sdt Garam
  • 2 sdt Gula
  • Secukupnya air
  • 2 sdm Minyak goreng
  • 1 potong Kayu manis
  • 2 buah Cengkeh
  • 60 ml Santan kental

Bumbu  Halus pembuatan tengkleng

-5 buah Cabai merah
-4 siung Bawang merah
-2 butir Bawang putih
-2 butir Kemiri
-1 ruas Kencur
-1/2 sdt Ketumbar
-1/2 sdt Jintan
-1/2 sdt Merica
-1/4 buah Buah pala kering
-1 ruas kunyit

Langkah langkah pembutan tengkleng sapi

Bumbu halus: haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jintan, kemiri, jahe, kencur dan ketumbar. Tambahkan sedikit minyak sebagai cairan agar bumbu mudah halus. Haluskan semua bahan hingga benar-benar halus.
Panaskan minyak dan tumis bumbu halus. Tumis bumbu dengan api kecil dan biarkan matang secara perlahan dan keluar aromanya.
Masukkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, kayu manis, cengkeh dan buah pala. Tumis hingga bumbu halus matang dan mengering.
Masukkan iga sapi ke dalam tumisan bumbu halus. Tambahkan kaldu sisa rebusan iga sapi. Aduk hingga semua bumbu merata.
Taburkan garam, merica dan gula. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
Kecilkan api dan masukkan santan kental dan aduk hingga merata. Masak hingga agak mendidih sambil diaduk terus menerus.
Panggang sebentar iga sapi hingga berwarna sedikit kecokelatan di bagian luarnya.
Susun dalam mangkuk saji. Tuangkan kuah dan beri pelengkap sesuai selera.
Sajikan.

👉 TRENDING :   Kuliner khas Ramadhan Dari Berbagai Penjuru Indonesia

Tips Membuat Tengkleng Iga Sapi

1. Untuk menghilangkan bau langu dan mengeluarkan warna kunyit yang bagus, bakar kunyit terlebih dahulu sebelum dihaluskan.
2. Saat menghaluskan bumbu halus, jangan sampai terlalu halus. Masih agak sedikit kasar akan membuat tengkleng iga sapi lebih enak.
3. Pastikan bumbu tertumis hingga baik dan keluar aromanya. Menumis bumbu halus dengan terburu-buru tidak akan menghilangkan rasa langu pada bumbu halus.
4. Rebus iga sapi sebelum dimasukkan ke dalam bumbu hingga empuk. Jika direbus secara manual kurang lebih 45 – 60 menit dan jika menggunakan presto kurang lebih selama 20 menit.
5. Jangan buang air kaldu sisa rebusan iga karena akan digunakan sebagai kuah tengkleng iga sapi.
6. Sebelum disajikan, direkomendasikan untuk memanggang sebentar iga sapi agar rasanya lebih lezat dan aromanya semakin kuat.