Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak
Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak

Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak

Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak- Gurame bakar dengan olesan bumbu kecap pedas ini bisa buat lauk utama saat makan siang dan makan malam  yang sedap. Makin lengkap dimakan dengan lalapan dan sambal dadak.Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang Sangat populer. Meskipun dagingnya tipis tetapi rasanya gurih enak. Biasanya digoreng, dibuat sup atau dipepes. Paling cocok diberi bumbu tradisional.Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak

Bumbu Gurame Bakar Pedas manis Sederhana dan Enak

Ikan  gurame bakar Diolesi bumbu kecap dan cabe yang  pedas manis. Daging ikan yang kering dan gurih, enak dimakan hangat dengan nasi putih.
Pilih ikan gurame yang sedang atau besar agar tak mudah hangus saat dibakar. Oleskan sisa bumbu saat dibakar agar meresap hingga ke dagingnya. Cara membuat berikut tipsnya bisa kamu lihat di resep berikut ini.

Ikan gurame mudah di buat olahan dirumah

Membuat masakan bahan dasar ikan gurame merupakan cukup mudah dan sederhana. Pertama-tama, marinasi terlebih dulu ikan dengan garam dan air perasaan jeruk. agar bau amisnya hilang dan rasa ikan lebih jadi gurih. Lalu cuci bersih ikan gurame, kemudian baru deh bisa kamu goreng atau diolah jadi bentuk lain.

Kandungan gizi daging ikan gurame

Ikan gurame yang terkenal mengandung gizi tinggi ini bisa kamu olah  sesuai selera. Cukup digoreng, bakar, atau dimasak bersama bumbu dan saus pilihan. Seperti saus asam manis, saus Thailand, bumbu cobek, saus tiram, dan lain sebagainya. Jangan lupa tambahkan cabai rawit, kalau kamu dan keluarga suka pedas.Jadi tunggu apalagi, buruan masak ikan gurame dengan yang enak dan lezat untuk keluarga.

👉 TRENDING :   Resep Telur Semur Kecap Sederhana

 Resep ikan gurame pedas manis

Bahan Bahan yang Harus disiapkan

1 ekor (600 g) ikan gurame segar
1 sdm margarin, lelehkan
100 ml kecap manis
1 sdm saus tiram
2 sdm air jeruk nipis
Bumbu Halus:
5 buah cabe merah keriting
8 buah cabe rawit merah
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/4 cm jahe
1 sdt garam
Pelengkap:
lalap sayuran
sambal dadak

Cara Membuat Gurame Bakar Bumbu Pedas Manis

  • Bersihkan sisik dan isi [erut gurame, cuci hingga bersih. Kerat-kerat agak rapat kedua sisi badannya. Sisihkan.
  • Campur Bumbu Halus dengan margarin leleh, kecap manis, saus tiram dan air jeruk nipis. Aduk hingga rata.
  • Dengan kuas, oleskan campuran bumbu ke seluruh badan ikan hingga rata.
  • Bakar ikan dengan panggangan ikan, di atas bara api. Sesekali olesi sisa bumbu, balik-balik hingga kering kedua sisinya dan matang.
  • Angkat dan sajikan hangat dengan Pelengkapnya.

semoga bermanfaat